Logo Bloomberg Technoz

Polusi Udara Ternyata Bisa Serang Organ Pencernaan

Septiana Ledysia
17 August 2023 01:00

Ilustrasi polusi udara (Foto: Bloomberg)
Ilustrasi polusi udara (Foto: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama mengatakan, kondisi polusi udara di Jakarta sudah dalam level kronis. Masyarakat karena itu diminta untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan.

Ngabila mengutarakan, kondisi polusi udara semakin diperburuk dengan kemarau panjang yang terjadi. Hal ini membuat kondisi tubuh akan cepat capek, lelah dan bisa mengalami dehidrasi. 

“Pada kulit akan tumbuh jerawat, eksim, dermatitis karena polusi. Dan paling dikhawatirkan menyerang non pernapasan seperti saluran cerna yang bisa mengakibatkan kanker lambung, porstat,” ujar dr Ngabila seperti dikutip dari acara talkshow eksklusif Kemenkes RI, Rabu (16/8/2023).

Dia mengingatkan masyarakat untuk mengurangi kegiatan outdoor dan pakai masker jika harus keluar ruangan. Selain itu perlu makan makanan sehat dan rajin berolahraga. Serta jangan lupa minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

Ngabila juga mengingatkan masyarakat untuk mengenakan lotion yang anti UV. Serta menghindari aktivitas dari pukul 10.00-15.OO WIB.