Logo Bloomberg Technoz

RAPBN 2024

BUMN Karya Dapat PMN Rp 43 Triliun Tahun Depan, Cek Penerimanya

Krizia Putri Kinanti
16 August 2023 17:23

Ilustrasi rupiah, (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah, (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah berencana menyalurkan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada sejumlah BUMN karya pada 2024. Nilainya mencapai lebih dari Rp 43 triliun.

PMN akan masuk ke pos pembiayaan investasi, secara akuntansi berada di below the line. Total pembiayaan investasi pada 2024 direncanakan Rp 176,2 triliun.

Dari jumlah tersebut, PMN untuk BUMN karya dianggarkan Rp 43,1 triliun. BP Tapera memperoleh Rp 13,7 triliun, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rp 15 triliun, PT Hutama Karya (Persero) Rp 12,5 triliun, dan Sarana Multigriya Finansial (SMF) Rp 1,89 triliun.

Sumber: Kementerian Keuangan

"Ada PMN ke beberapa BUMN karya yang akan menjalankan fungsi pembangunan," kata Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, dalam jumpa pers di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah membatalkan suntikan PMN ke PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT). Pembatalan ini dilakukan mempertimbangkan risiko yang dihadapi jika PMN tetap dicairkan untuk BUMN karya Tersebut.