Logo Bloomberg Technoz

"Penelitian ini diharapkan mampu memberikan hasil riset yang faktual dan menggali potensi pengembangan ekosistem kendaraan listrik," ujar Fadjar melalui keterangan tertulis, Selasa (15/8/2023).

Sejumlah aspek akan diteliti dalam riset ini mulai dari reliabilitas baterai, proses pengisian ulang, serta kenyamanan dan kepraktisan mobil dalam beraktivitas mengantar barang. 

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan kolaborasi ini merupakan langkah Pertamina Patra Niaga mendorong transisi energi di lini bisnis Non-Fuel Retail. 

“Mendorong pelaku industri lainnya dalam mengutilisasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) atau charging station di SPBU Green Energy Station Pertamina,” ujar Riva.

Chief Executive Officer Pertamina New Renewable Energy, Dannif Danusaputro, mengklaim  kerja sama ini akan menjadi milestone bagi pihaknya karena tengah fokus pada pengembangan ekosistem baterai dan kendaraan listrik dalam portfolio bisnis. 

"Saat ini pun Pertamina NRE berpartisipasi dalam ekosistem baterai dan kendaraan listrik melalui Indonesia Battery Corporation," ujar dia.

President Director PT Honda Prospect Motor, Kotaro Shimizu mengatakan studi yang dilakukan dengan Honda N-VAN EV Prototype bertujuan untuk memahami kebutuhan konsumen dan infrastruktur di Indonesia. 

"Sebelumnya, Honda juga sudah mulai melakukan studi mengenai penggunaan mobil listrik untuk konsumen di Indonesia dengan menggunakan mobil Honda e, dan studi ini akan melengkapi pembelajaran kami khususnya untuk penggunaan kegiatan komersial," ujar Shimizu.

(ain)

No more pages