Logo Bloomberg Technoz

Honda-Pertamina Uji Mobil Listrik untuk Segmen Komersial

16 August 2023 20:40

Pengunjung mengamati mobil Honda dalam pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pengunjung mengamati mobil Honda dalam pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha Pertamina Patra Niaga dan Pertamina New Renewable Energy bekerja sama dengan PT Honda Prospect Motor melakukan riset penggunaan mobil listrik dalam kegiatan niaga (komersial) di perkotaan. 

Kesepakatan terjalin di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Selasa (14/8/2023).

Peresmian kerja sama ditandai dengan penandatangan Joint Study Agreement yang dilakukan oleh Kotaro Shimizu selaku President Director PT Honda Prospect Motor dan Dannif Danusaputro selaku Chief Executive Officer Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE). Kerja sama juga melibatkan Riva Siahaan selaku Direktur Utama Pertamina Patra Niaga. 

Dalam kesepakatan tersebut, nantinya Honda akan menyediakan satu unit Honda N-VAN EV Prototype, sebuah prototipe mobil listrik terbaru dari Honda. Mobil listrik tersebut digunakan untuk mendukung mobilitas pengantaran barang dari gudang ke unit-unit Bright Store (unit usaha retail milik PT Pertamina Retail, anak usaha Pertamina Patra Niaga) untuk area Jakarta dan sekitarnya.

Nantinya, dalam pengalaman menggunakan mobil listrik selama enam hari dalam seminggu(diuji selama tiga bulan), pihaknya bakal mengumpulkan data dan pengalaman terkait penggunaan mobil listrik, terutama dalam kegiatan komersil. Rata-rata jarak perjalanan sekitar 100 kilometer per hari.