Logo Bloomberg Technoz

Sedikitnya 104 WNI Korban Gempa Turki, KBRI Kirim Bantuan

Krizia Putri Kinanti
07 February 2023 14:00

Situasi Usai Gempa Bumi di Turki (Sumber: Bloomberg)
Situasi Usai Gempa Bumi di Turki (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal menyebut bahwa saat ini tim KBRI sedang dalam perjalanan mengirimkan bantuan ke daerah-daerah terdampak bencana gempa Turki.

Dubes RI mengatakan bahwa saat ini pihaknya mengirimkan bantuan yang terdiri dari 11 kendaraan dan 1 kontainer bantuan berisi makanan, 300 selimut, kompor portable sedang di dalam perjalanan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada bulan sabit merah Turki.

"Kami sedang menuju Gaziyantep untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Satu kontainer yang diberikan berisi makanan karena sempat terjadi panic buying akhirnya yang bisa kita kumpulkan hanya makanan, tetapi kami juga membawa selimut untuk dibagikan," ujarnya Dubes Lalu Muhammad Iqbal melalui konferensi pers yang digelar Kemlu RI secara hybrid, Selasa (7/2/2023).

Ia menambahkan bahwa cuaca yang ekstrem dan jalan yang terblokir di beberapa tempat membuat bantuan kemanusiaan lambat tiba di lokasi. Adapun beberapa WNI yang sudah terdata sebagai korban adalah 40 WNI di Gaziyantep yang harus dievakuasi ke KBRI Ankara, 40 WNI di Kahramanmaras, 14 WNI di Diyarbakir, 1 keluarga WNI di Adana dan 9 orang WNI di Hatay. Sehingga bila ditotal maka sedikitnya ada 104 WNI korban terdampak.

Ilustrasi Turki. (Moe Zoyari/Bloomberg)

"Jumlah orang terdampak langsung adalah 10 orang, 6 orang akan dievakuasi dan 4 orang sudah dirawat. Satu ibu dengan 2 anak di Antalya belum berhasil dihubungi, serta 2 pekerja juga belum dapat dihubungi tetapi sudah kami koordinasikan dengan otoritas setempat," katanya.