Logo Bloomberg Technoz

RAPBN 2024

Jokowi Alokasikan Rp186,4 T untuk Anggaran Kesehatan 2024

Krizia Putri Kinanti
16 August 2023 14:56

Pidato Presiden Jokowi dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Pidato Presiden Jokowi dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan anggaran kesehatan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada 2024 sebesar Rp186,4 triliun. Anggaran tesebut setara 5,6% dari total nilai APBN atau lebih besar dari mandatory spending yang ditetapkan dalam Omnibus Law yang baru saja disahkan.

"Untuk menghadirkan SDM yang sehat dan produktif, anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp186,4 triliun atau 5,6% dari APBN," kata Jokowi, saat menyampaikan Nota Keuangan di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (16/8/2023).

Presiden Jokowi mengatakan anggaran tersebut diarahkan untuk transformasi sistem kesehatan, mendorong berkembangnya industri farmasi yang kuat dan kompetitif, meningkatkan akses dan kualitas layanan primer dan rujukan. 

Selain itu, dana tersebut untuk menjamin tersedianya fasilitas layanan kesehatan yang andal dari hulu kehilir, mengefektifkan program JKN, serta mempercepat penurunan prevalensi stunting agar mencapai 14% di tahun 2024, yang dilakukan melalui perluasan cakupan seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dengan penguatan sinergi berbagai institusi.