Logo Bloomberg Technoz

RAPBN 2024

Cetak SDM Unggul, Anggaran Pendidikan 2024 Tembus Rp660,8 T

Krizia Putri Kinanti
16 August 2023 14:53

Pidato Presiden Jokowi dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Pidato Presiden Jokowi dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu cara untuk menerapkan visi mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Bentuknya, menyiapkan anggaran pendidikan 20% dari APBN 2024.

Hal ini disampaikan oleh Jokowi dalam Nota Keuangan RAPBN 2024 di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Jokowi mengungkapkan untuk mewujudkan SDM unggul, inovatif, berintegritas, dan berdaya saing, disiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp660,8 triliun atau 20% APBN. Ini nampak dari alokasi belanja pemerintah pusat sebesar Rp237,3 triliun, Transfer ke Daerah Rp346,6 triliun, dan pembiayaan investasi Rp77,0 triliun.

“Kita harus mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi. Revolusi mental tidak boleh berhenti agar sumber daya manusia kita produktif, inovatif, berdaya saing global, berintegritas, berakhlak mulia, dengan tetap menjaga jati diri budaya bangsa,” ungkap Jokowi.

Jokowi menambahkan upaya peningkatan kualitas SDM Indonesia akan ditekankan dalam beberapa cara: peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan; pemerataan kualitas pendidikan melalui peningkatan distribusi guru dan sarana prasarana pendidikan; peningkatan kualitas 10 PAUD; peningkatan akses pendidikan di semua jenjang pendidikan; peningkatan kualitas sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan, terutama di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan; serta penguatan konektivitas pendidikan vokasi dengan pasar kerja.