Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Menlu Retno Merah Merona, Menkeu SMI Serba Pink di Sidang MPR

Septiana Ledysia
16 August 2023 13:20

Retno Marsudi. (Sumber: Instagram @retno_marsudi)
Retno Marsudi. (Sumber: Instagram @retno_marsudi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengenakan pakaian adat Toraja wanita di acara sidang tahunan MPR RI 2023. Menlu berhasil mencuri perhatian karena menjadi satu-satunya menteri yang hadir mengenakan baju adat spesifik di acara yang diselenggarakan di Gedung DPR/MPR, Rabu (16/8/2023).

Nama baju adat Toraja yang dikenakan Menlu Retno adalah baju pokko. Ciri-ciri pakaian ini adalah lengan pendek dan warna yang mencolok. Pada saat ke acara sidang tahunan Menlu Retno mengenakan baju adat warna Merah.

Dilansir dari situs disbudpar.sulselprov.go.id, baju pokko umumnya dikenakan dengan berbagai perhiasan berbagai manik. Manik-manik dikenakan pada dada, ditambah dengan gelang dan ikat kepala maupun ikat pinggang yang disebut kandure. 

Baju pokko bisa juga dibilang seperti baju batik bagi Indonesia ala Sulawesi Selatan. Karena baju ini biasanya dikenakan saat acara-acara resmi.

Tak kalah mencuri perhatian dengan Menlu Retno, menteri perempuan Kabinet Indonesia Maju lainnya yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani alias SMI juga mengenakan pakaian berwarna cerah.

Sri Mulyani (Sumber: Instagram @smindrawati)