Logo Bloomberg Technoz

Tembakan Terjadi Saat Latihan Paskibraka di Papua Tengah

Sultan Ibnu Affan
16 August 2023 12:20

Sejumlah remaja menurut TNI direkrut kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (Dok:Kapendam Cenderawasih)
Sejumlah remaja menurut TNI direkrut kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (Dok:Kapendam Cenderawasih)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian Resor Puncak tengah memeriksa laporan terjadinya tembakan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Lapangan Trikora, Ilaga, Puncak, Papua Tengah. Peristiwa tersebut terjadi saat anggota pasuka pengibaran bendera (Paskibra) tengah menjalani latihan, pukul 10.45 WIT, Sabtu (12/8/2023).

"Personil TNI-Polri yang berada di sekitar lokasi langsung melakukan tembakan balasan ke arah sumber tersebut,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua, Komisaris Besar Ignatius Benny Ady Prabowo, dalam keterangan yang diterima, Rabu (16/8/2023).

Menurut dia, saat itu anggota Paskibra tengah berlatih upacara pengibaran dan penurunan bendera untuk HUT RI ke-78, 17 Agustus 2023. Di tengah latihan, tiba-tiba terdengar sejumlah tembakan dari Selatan Lapangan Trikora.

Anggota Paskibra pun langsung melarikan diri dan bersembunyi di Kantor Mapolres Puncak. TNI dan Polri menduga tembakan berasal dari sebuah rumah bertembok Hijau di sisi Selatan Lapangan Trikora.

Berdasarkan pemeriksaan, Polres Puncak menemukan bukti bekas tembakan. Salah satunya berada pada dinding panggung yang berada di Lapangan Trikora.