Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Filosofi Baju Adat Tanimbar yang Dikenakan Jokowi di Sidang MPR

Septiana Ledysia
16 August 2023 12:50

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Foto Parlemen/ Faisal)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Foto Parlemen/ Faisal)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Replublik Indonesia mengenakan baju adat Tanimbar di sidang tahunan MPR 2023. Baju adat Tanimbar yang dikenakan Jokowi memiliki filosofi yang berkaitan dengan identitas budaya dan spiritualitas.

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abatnego Tarigan mengungkap alasan Jokowi mengenakan baju adat Tanimbar pada sidang tahunan MPR tahun ini untuk menunjukkan ragam pakaian adat yang dimiliki Indonesia.

“Wujud dari semangat Presiden Jokowi untuk mengangkat pakaian adat dari daerah yang tidak diketahui oleh masyarakat Indonesia,” ujar Abatnego melalui keterangan tertulis, Rabu (16/8/2023).

Baju adat pria yang dikenakan Presiden Jokowi terdiri dari atas celana panjang dan kemeja panjang yang dipadupadankan dengan sinune atau selempang berbahan kain tenun yang disampirkan pada bahu. 

Jokowi juga mengenakan hiasan kepala tutuban ulu yang berhiaskan somalea atau simbol burung cenderawasih. Dia juga nampak mengenakan berbagai kalung yang biasa disebut ngore