Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Isi Lengkap Pidato Jokowi: Antara Geram, Sedih dan Optimistis

Krizia Putri Kinanti
16 August 2023 11:45

Presiden Jokowi Saat Pidato kenegaraan sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Saat Pidato kenegaraan sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan 2023 di Sidang Umum Majelis Permusyawaratan (MPR) tahunan, Rabu (16/8/2023). Jokowi dalam pidatonya menyampaikan banyak isu, mulai dari dinamika politik yang ikut menyudutkan dirinya dengan banyak cap-cap negatif hingga visi Indonesia emas menjadi negara maju di 2045. 

Jokowi di awal-awal pidato sempat menyoal soal bahasa kode, Pak Lurah, yang banyak disentil oleh para politisi terkait upaya untuk mendapatkan restu dari dirinya kepada calon presiden dan wakil presiden. Jokowi juga menyoal soal hilirisasi yang menjadi sumber pertumbuhan baru bagi ekonomi Indonesia.

Berikut ini isi lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, simak:

Bismillahirrahmaanirrahiim,
Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh
Selamat pagi, 
Salam sejahtera bagi kita semua,
Om Swastyastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan
 
Saudara-saudara se-Bangsa & se-Tanah Air,
Para hadirin yang saya muliakan

Kita saat ini sudah memasuki tahun politik. Suasananya sudah hangat-hangat kuku dan sedang tren di kalangan politisi dan parpol. Setiap ditanya soal siapa Capres Cawapres-nya. Jawabannya: “Belum ada arahan Pak Lurah..”
Saya sempat mikir. Siapa “Pak Lurah” ini. Sedikit-sedikit kok Pak Lurah. Belakangan saya tahu yang dimaksud Pak Lurah itu ternyata Saya.