Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Jokowi Ungkap Sosok Pemimpin yang Bisa Wujudkan Indonesia Emas

Sultan Ibnu Affan
16 August 2023 11:12

Presiden Jokowi Saat Pidato kenegaraan sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Saat Pidato kenegaraan sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kepemimpinan ke depan sangat menentukan masa depan Indonesia. Dibutuhkan pemimpin yang berani, konsisten dan kepercayaan. Hal ini disampaikannya dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR RI, Rabu (16/8/2023).

Jokowi menjelaskan tantangan ke depan tidaklah mudah. Pilihan kebijakan akan semakin sulit sehingga dibutuhkan keberanian dan kepercayaan untuk mengambil keputusan yang sulit dan keputusan yang tidak populer untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Ini bukan tentang siapa yang jadi Presidennya. Bukan, bukan itu. Tapi apakah sanggup atau tidak? Untuk bekerja sesuai dengan apa yang sudah dimulai saat ini. Apakah Berani atau tidak? Mampu konsisten atau tidak?” ungkap Jokowi.

“Karena yang dibutuhkan itu adalah nafas yang panjang karena kita tidak sedang jalan-jalan sore. Kita juga tidak sedang lari sprint tapi yang kita lakukan harusnya adalah lari marathon untuk mencapai Indonesia Emas.”

Jokowi menambahkan pemimpin harus punya kepercayaan publik (public trust) karena kepercayaan adalah salah satu faktor penentu.