Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Ketua MPR Beri Perhatian Khusus ke Industri Keuangan Digital RI

Sultan Ibnu Affan
16 August 2023 10:07

Ketua MPR Bambang Soesatyo Saat Sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube DPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo Saat Sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan industri keuangan digital Indonesia agar dapat tumbuh sehat, berkelanjutan dan memberikan perlindungan pada konsumen. Hal ini disampaikannya dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023, pada Rabu (16/8/2023).

Pria yang biasa disapa Bamsoet ini mengatakan saat ini aktivita ekonomi saat ini telah bertransformasi secara cepat menuju digitalisasi dan integrasi. Perkembangan Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto di Indonesia terus menunjukkan perkembangan pesat.

“Kehadiran aktivitas keuangan digital sangat dirasakan manfaatnya dari aspek kenyamanan, kemudahan, kecepatan, dan efisiensi, di samping berperan strategis dalam mendorong pertumbuhan aktivitas ekonomi, menciptakan pertumbuhan nilai investasi, dan membuka kesempatan lapangan kerja baru,” ujarnya.

Meski begitu, sektor yang relatif baru ini juga tak lepas dari tantangan dan potensi permasalahan. Diharapkan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor 20 Keuangan, kiranya dapat menjadi landasan untuk penguatan peran otoritas jasa keuangan (OJK) dalam memelihara stabilitas sistem keuangan dan melakukan pengaturan, pengawasan, serta pengembangan terhadap sektor ini.