Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Ketua MPR Minta Pemerintah Lanjutkan Program Hilirisasi Industri

Krizia Putri Kinanti
16 August 2023 09:57

Sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube DPR)
Sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyebut pembangunan nasional Indonesia saat ini masih sangat bergantung kepada daya dukung sumber daya alam. Oleh sebab itu ia menekankan Indonesia perlu mampu mengelola sumber daya alam mentah secara mandiri, sehingga menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual lebih tinggi, dan menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi dalam negeri. 

"Kita menyadari bahwa kita tidak dapat bergantung pada sumber daya alam mentah. Pemerintah telah bekerja keras dan meyakinkan seluruh stakeholder, agar berpartisipasi aktif dalam proses hilirisasi, dengan berinvestasi langsung di Indonesia untuk membangun, dan mengembangkan kapasitas industri domestik, sebagai penyerap sumber-sumber mineral," ujar Bambang dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI, Rabu (16/8).

Bamsoet, sapaan akrabnya, mengatakan program hilirisasi industri yang dilakukan oleh pemerintah perlu dilanjutkan demi mewujudkan perekonomian nasional yang efisien dan berkeadilan sebagaimana diamanatkan Pasal 33 UUD 1945.

"Diperlukan perubahan mindset pembangunan yang melekat di masing-masing stakeholder, baik di kalangan pemerintah, pelaku bisnis maupun masyarakat, agar terjadi kolaborasi multi pihak, untuk menata ulang
pembangunan ekonomi yang dapat menghasilkan pertumbuhan, yang berkualitas serta berkelanjutan," katanya.

Ia melanjutkan paradigma sirkularitas tentunya hanya dapat berjalan ketika kualitas industri nasional, sudah mampu secara seksama melakukan pemrosesan material sumber daya dari hulu ke hilir, sebagaimana yang digagas pemerintahan Presiden Joko Widodo tentang hilirisasi mineral; emas, bauksit, nikel, tembaga dan bijih besi.