Logo Bloomberg Technoz

Namun, Agung mengatakan perusahaan tersebut sudah 90% akan melakukan investasi. Saat ini, perusahaan tersebut tengah melewati tahapan penetapan lahan dan harga.

Agung mengatakan, pihaknya telah menerima surat minat untuk investasi (Letter of Interest) dari sekitar 260 perusahaan. Otorita IKN pun melakukan penyeleksian terhadap perusahaan yang ingin melakukan pembangunan, caranya dengan memilih perusahaan dengan kontribusi paling menarik.

“(Kontribusi) dalam bentuk apa? Dalam bentuk membantu bangun fasilitas juga karena pemerintah tadi hanya anggarkan 20% untuk bangun fasilitas. Kalau ada swasta kontribusi bangun fasilitas, tentu akan mendapatkan prioritas juga,” terangnya.

Menurutnya, saat ini terdapat konsorsium yang menyatakan komitmen untuk membangun fasilitas senilai Rp1 triliun. Artinya, fasilitas tersebut akan dibangun oleh pihak swasta tanpa pendanaan dari pemerintah.

Agung menjelaskan, IKN nantinya tidak hanya dijadikan sebagai pusat pemerintahan, namun juga pusat ekonomi. Sehingga pihak swasta dapat turut berkontribusi dalam pembangunan di IKN.

“Jadi di IKN memang ada kawasan inti pusat pemerintah (KIPP) yang sekitar 6000 hektar. Namun IKN bukan hanya KIPP, tapi total IKN hampir 260 ribu hektar. Jadi peluangnya sangat banyak. Ada kawasan financial center, education, renewable energy, industri, agro, logistik dan lain sebagainya,” tutupnya. 

(dov/evs)

No more pages