Logo Bloomberg Technoz

Pakuwon & Ciptura Group Ground Breaking Proyek IKN di Akhir Tahun

Dovana Hasiana
16 August 2023 08:55

Pembangunan bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Pembangunan bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi untuk IKN, Agung Wicaksono mengatakan, ada delapan perusahaan yang ditargetkan memulai pembangunan (groundbreaking) di Ibu Kota Nusantara (IKN) paling lambat pada akhir tahun 2023.

Agung mengatakan nilai investasi yang akan mengalir ke IKN tersebut beragam dengan rentang nilai Rp8 triliun hingga Rp10 triliun.

“Kita bisa katakan ada investor yang sudah siap bangun dengan nilai Rp8 triliun hingga Rp10 triliun. Ini hanya dari luas tanah saja, belum bangunan,” ujar Agung saat ditemui usai kegiatan ‘Indonesia Retail Summit 2023’ di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Adapun tujuh perusahaan tersebut adalah Pakuwon Group untuk membangun fasilitas hiburan dan olahraga (mixed use); RS Hermina yang membangun fasilitas kesehatan; Jakarta International School membangun fasilitas pendidikan; Ciputra Group membangun kawasan hunian, mixed use dan township; PT. PP (Persero) untuk membangun fasilitas kantor bersama BUMN yang bersifat penugasan BUMN; Jambuluwuk Hotels & Resorts akan membangun fasilitas hunian hotel dan Vasanta Innopark juga akan membangun fasilitas hunian hotel.

Ketujuh perusahaan disebut telah memasuki fase kesepakatan atau komitmen untuk investasi dan membangun. Sementara satu perusahaan lainnya masih belum dapat dipublikasikan lantaran masih dalam proses negosiasi.