Logo Bloomberg Technoz

Bulog Berpeluang Datangkan 700 Ribu Ton Beras Impor

Dovana Hasiana
16 August 2023 08:45

Pengecekan beras impor dalam rangka menjamin stabilitas harga (Dok Bulog)
Pengecekan beras impor dalam rangka menjamin stabilitas harga (Dok Bulog)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, Awaludin Iqbal mengatakan bahwa pihaknya masih memiliki sisa kuota penugasan impor beras sebesar 700 ribu ton untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Angka ini rilis usai impor Bulog 1,3 juta ton yang telah terealisasi. Total penugasan dari pemerintah kepada perusahaan diketahui menjadi 2 juta ton beras.

“Kuota penugasan impor yang diberikan kepada Bulog oleh pemerintah. Kuota untuk impor 2 juta, yang sudah terealisasikan 1,3 juta ton dan 700 ribu ton sisanya,” ujar Iqbal ketika dihubungi Bloomberg Technoz, Selasa (15/8/2023).

Menurutnya, CBP ini bertujuan sebagai penyangga atau beras cadangan yang akan dikeluarkan untuk intervensi pasar oleh dilakukan pemerintah atau untuk kepentingan lainnya. 

Adapun sisa kuota tersebut akan direalisasikan sepanjang tahun berjalan hingga akhir 2023 sesuai penugasan. Iqbal tidak merinci negara tertentu yang akan menjadi negara tujuan impor beras, namun selama ini Bulog selalu mendatangkan beras dari empat negara, seperti; Vietnam, Thailand, Pakistan dan India. 

“Sedang dalam proses terus, pokoknya kita targetkan sampai dengan akhir tahun selesai. (Impor) dari negara mana saja yang masih memungkinkan,” ucap dia.