Logo Bloomberg Technoz

China Beli Minyak Asal Iran, Terbanyak dalam Satu Dekade

News
16 August 2023 06:26

Ilustrasi pengiriman minyak mentah. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pengiriman minyak mentah. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China mengimpor minyak dari Iran—meski masih terkena sanksi— dan berada pada level tertinggi setidaknya dalam satu dekade terakhir, efek kenaikan harga dunia hingga membuat minyak mentah dengan harga diskon menjadi lebih menarik, berdasarkan data perusahaan intelijen Kpler.

Iran telah meningkatkan ekspor minyak sepanjang 2023 dengan sebagian besar pengiriman ke China. Iran kini semakin tegas secara geopolitik. Pelonggaran penyelidikan oleh Beijing terhadap impor campuran aspal, yang terkadang disamarkan sebagai minyak mentah Iran, juga sepertinya mempercepat perjalanan kargo melalui bea cukai, menurut para pedagang yang terlibat di pasar. 

China sebagai importir minyak terbesar di dunia, akan mengambil sekitar 1,5 juta barel per hari minyak mentah dari Iran bulan ini, menurut perkiraan Kpler. Menjadi angka yang tertinggi dalam data Kpler sejak tahun ini, dengan rata-rata pengiriman sebelumnya 917.000 barel per hari dalam tujuh bulan di 2023.

Lonjakan sekitar seperlima dari harga minyak mentah Brent, yang menjadi patokan global sejak akhir Juni, meningkatkan permintaan atas minyak dengan harga diskon. Sebagian besar dibeli oleh para penyuling independen di provinsi Shandong.