Logo Bloomberg Technoz

Buffett memberi apresiasi kepada Hollub atas langkah perusahaan di awal tahun, dengan baru-baru ini meningkatkan kepemilikan saham perusahaannya menjadi 25%, menjadikan Berkshire Hathaway Inc. sebagai pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut.

Momentum yang nyata sekarang sedang dibangun di balik penyerapan karbon, salah satu solusi iklim yang disukai oleh Big Oil, selaku perusahaan yang membukukan rekor laba tahun lalu. Perusahaan juga memenangkan insentif pajak yang besar untuk teknologi ini melalui Undang-Undang Pengurangan Inflasi.

Transaksi akuisisi ini merupakan kesepakatan CCS Big Oil yang kedua dalam beberapa minggu terakhir. Exxon Mobil Corp. setuju untuk membeli operator pipa CO2 Denbury Inc. bulan lalu dengan harga US$4,9 miliar. 

Selain Stratos, Occidental berencana untuk menggunakan teknologi Carbon Engineering di King Ranch DAC yang direncanakan di Texas selatan, dimana pekan lalu memenangkan dukungan finansial dari Departemen Energi. 

Carbon Engineering didirikan di Calgary oleh David Keith, seorang Profesor Universitas Harvard yang memelopori metode penghilangan CO2 dalam jumlah besar secara langsung dari udara. Zat kemudian memungkinkan untuk dikubur di bawah tanah atau digunakan untuk berbagai keperluan industri. Investor awal termasuk Bill Gates, Chevron Corp, BHP Group Ltd, dan Occidental.

(bbn)

No more pages