Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Minyak Milik Buffett Beli Startup Kanada Rp16,5 T

News
16 August 2023 05:50

Warren Buffett (Sumber: Bloomberg)
Warren Buffett (Sumber: Bloomberg)

Kevin Crowley - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan yang didukung oleh Warren Buffett, Occidental Petroleum Corp., setujua membeli perusahaan startup Kanada, Carbon Engineering Ltd. senilai US$1,1 milyar (sekitar Rp16,5 triliun).  Perusahaan minyak ini tengah berusaha mengembangkan posisinya sebagai pemimpin dalam menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer. 

Occidental membayar dengan tunai atas transaksi tersebut. Perusahaan berharap kesepakatan ini akan selesai sebelum akhir 2023, seraya menunggu persetujuan dari pihak berwenang, dalam pengumumannya, Selasa (16/8/2023) waktu setempat.

Perusahaan yang berbasis di Houston ini telah bermitra dengan Carbon Engineering selama empat tahun terakhir. Occidental  menggunakan teknologinya untuk proyek Stratos di Texas Barat, yang akan menjadi pabrik penangkap udara langsung terbesar di dunia pada tahun 2025. 

“Kami berharap akuisisi Carbon Engineering dapat memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham kami melalui dukungan yang lebih baik untuk inovasi teknologi dan mempercepat pengurangan biaya DAC,” kata Vicki Hollub  kata Chief Executive Officer (CEO) perusahaan.