Logo Bloomberg Technoz

Analis Citi, Ferry Wong dan Ryan Davis juga menyatakan memasuki awal semester kedua, GOTO “prospeknya akan sedikit membaik karena lebih banyak anggaran pemerintah dan likuiditas naik jelang pemilu di Indonesia.” Meski demikian mereka menyatakan bisnis e-commerce tetap kompetitif karena sangat agresifnya TikTok dalam mengejar pertumbuhan.

Sepanjang tahun 2023 GOTO telah memangkas 600 karyawan, hingga bulan Maret. PHK ini menjadi periode lanjutan dari pengurangan 1.300 karyawan perusahaan tahun lalu.

Langkah PHK, ditegaskan perusahaan, demi membantu mengurangi biaya tetap bulanan sekitar 20% pada medio Januari dan Februari. Perusahaan juga memotong anggaran marketing, dan memasuki bulan kedua 2023 GOTO menaikkan target untuk bisa meraih laba dalam setahun, dan berharap EBITDA yang disesuaikan dapat positif pada kuartal IV.

“Terlepas dari ketidakpastian kondisi makro, ekonomi digital Indonesia menunjukkan ketahanan dengan pergeseran ke arah belanja online dan adopsi teknologi digital,” terang  analis Buana Capital dalam laporan bulan Juli. Buana  memperkirakan ekonomi digital Indonesia dapat tumbuh 19% per tahun menjadi US$130 miliar pada tahun 2025.

- Dengan asistensi Norman Harsono, Mayumi Negishi dan Soraya Permatasari.

(wep/dba)

No more pages