Logo Bloomberg Technoz

GOTO Keluarkan Pedoman Kinerja Keuangan Baru

Yunia Rusmalina
15 August 2023 19:00

Gojek, Goto (Dok: Goto)
Gojek, Goto (Dok: Goto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manajemen PT GoTo Gojek Tokpedia Tbk (GOTO) menetapkan pedoman kinerja baru pada pengumuman laporan keuangan semester I-2023, Selasa (15/8/2023). GOTO masih yakin bisa meraih EBITDA Grup yang disesuaikan positif dalam kuartal keempat tahun 2023.

EBITDA Grup yang disesuaikan untuk tahun 2023 juga diubah dan berada di kisaran antara minus Rp4,5 triliun dan minus Rp3,8 triliun. Patokan ini adalah revisi dari kisaran yang sebelumnya diharapkan, yaitu antara minus Rp5,3 triliun dan minus Rp4,6 triliun, karena kemajuan yang lebih cepat dari yang diharapkan.

Pedoman ini didasarkan pada kondisi pasar saat ini dan mencerminkan perkiraan awal perseroan, yang semuanya bergantung pada berbagai ketidakpastian, termasuk yang terkait dengan inflasi dan pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, EBITDA yang disesuaikan dihitung dari rugi sebelum pajak penghasilan dengan menyesuaikan biaya penyusutan dan amortisasi; pendapatan keuangan; biaya bunga; kerugian atas penurunan nilai aset atas kelompok lepasan yang dimiliki untuk dijual; biaya kompensasi berbasis saham (termasuk program Gotong Royong), dan lain-lain.

Menurut Jacky Lo, Direktur Keuangan Grup GoTo, perseroan telah mencapai kemajuan dalam metrik profitabilitas utama selama enam kuartal berturut-turut karena pengurangan insentif dan program pemasaran produk yang tidak produktif, sambil tetap fokus pada konsumen profitabel.