Logo Bloomberg Technoz

Optimistis 10 Juta Wisman, Sandi Serukan Peritel Tebar Diskon

Dovana Hasiana
15 August 2023 16:30

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) bisa tembus 10 juta tahun ini.

Angka tersebut diketahui naik 1,5 juta dari target sebelumnya yang berada pada angka 8,5 juta. 

“Ada sedikit update, pada Juni 2023 walaupun sudah dua kali revisi, sekarang angka terbaru 8,5 juta wisman, tapi kita optimistis tercapai sekitar 20%-25% di atas target, kita melihat angka wisman akan mencapai 10 juta di tahun ini,” ujar Sandi dalam ‘Indonesia Retail Summit 2023’ di Jakarta, Selasa (15/8/2023). 

Sandi mengakui pemenuhan target tersebut perlu diikuti langkah progresif dari kalangan pengusaha retail. Sandi meminta pengusaha ritel, khususnya yang tergabung dalam Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) untuk menarik minat wisman dalam konsumsi. 

“Berarti kalian (Hippindo) harus mulai persiapkan, saya tidak ingin wisatawan yang datang hanya ‘Rohani’ atau Rombongan Hanya Lihat-Lihat, mereka harus jadi Rojali ‘Rombongan Jalan dan Beli’ produk ritel modern Indonesia,” bebernya.