Logo Bloomberg Technoz

"Pemotongan ini cukup agresif, menunjukkan urgensi untuk meningkatkan langkah-langkah mendukung pertumbuhan kredit," ujar Becky Liu, kepala Strategi Makro China dari Standard Chartered Plc.

Kejutan dari PBOC ini menunjukkan kekhawatiran yang meningkat tentang prospek ekonomi China yang memburuk, terutama di pasar properti, di mana para pengembang properti besar saat ini menghadapi krisis utang dan penjualan rumah terus menurun.

Data resmi China yang akan dirilis Selasa ini diperkirakan akan menunjukkan peningkatan moderat dalam aktivitas industri dan ritel pada Juli, sementara kontraksi investasi properti kemungkinan semakin memburuk.

Penurunan suku bunga ini berpengaruh pada obligasi pemerintah dan menekan nilai tukar. Imbal hasil obligasi 10-tahun China turun enam basis poin menjadi 2,56%, terendah sejak 2020. Yuan melemah untuk sesi keempat pada Selasa, turun 0,21% menjadi 7,2943 terhadap dolar pada pukul 9:27 pagi di Shanghai.

Tindakan pelonggaran bank sentral China akan menambah tekanan pada yuan, yang jatuh ke level terlemah sejak November karena prospek pertumbuhan ekonomi yang lesu.

Para pimpinan Partai Komunis sebelumnya telah berjanji untuk menjaga yuan dalam kisaran "stabil dasar" dalam pertemuan mereka bulan lalu.

(bbn)

No more pages