Logo Bloomberg Technoz

Celsius telah memberi usulan beroperasi di bawah manajemen baru yang dipimpin oleh perusahaan investasi Arrington Capital, yang terafiliasi dengan konsorsium Fahrenheit LLC. Fahrenheit  merupakan pemenang  lelang atas Celsius Network di awal tahun.

Pelanggan akan dibayar sebagian melalui ekuitas pada perusahaan baru, yang akan mengoperasikan operasi penambangan Celsius dan mengambil alih pinjaman institusional, ekuitas swasta dan investasi modal ventura serta investasi “liquid cryptocurrency” senilai US$500 juta, menurut dokumen pengadilan.

Perusahaan berada di jalur yang tepat untuk mulai membayar kreditor pada akhir 2023, kata pengacara Celsius, Chris Koenig, dalam persidangan.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan”" kata Hakim Glenn. Rencana pembayaran kembali Celsius masih ditentang oleh beberapa konsumen dan kreditur lain. Pengadilan dijadwalkan akan mempertimbangkan untuk menyetujui rencana tersebut pada bulan Oktober.

Ilustrasi Celsius. (Dok: Bloomberg)

Ketidaksenangan kreditur

Para pemegang akun Celsius secara individu menyuarakan ketidaksenangan mereka dengan rencana pembayaran kembali perusahaan pada sidang Senin. Mereka mengatakan dipaksa untuk mengambil bagian dalam usaha yang berisiko.

Beberapa konsumen bilang token CEL milik Celsius harus dikembalikan kepada mereka. Konsumen ini juga menentang rencana perusahaan untuk menghargai CEL 25 sen per token.

Meski demikian, Glenn mengatakan token CEL tidak akan dikembalikan kepada para pemegang akun. Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) menuduh Celsius dan mantan CEO keliru atas pandangan bahwa CEL sebanding dengan saham di perusahaan publik, yang biasanya dihapuskan dalam chapter 11.

Token CEL tidak dapat diterbitkan karena ini bergantung pada nilai Celsius dan setelah chapter 11 “Celsius tidak akan ada,” kata Hakim Glenn. 

Jaksa federal bulan lalu mendakwa mantan CEO Celsius, Alex Mashinsky, atas  penipuan dan memanipulasi nilai CEL untuk menggelembungkan nilai token secara artifisial. Meski pengacara Mashinsky bantah tuduhan tersebut.

(bbn)

No more pages