Logo Bloomberg Technoz

Polusi Udara, 60% ASN di Jakarta akan WFH

Fransisco Rosarians Enga Geken
14 August 2023 18:50

Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah tengah menggodok penerapan aturan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hal ini disebut sebagai salah satu cara penanganan polusi udara yang semakin buruk di wilayah Jabodetabek dalam beberapa pekan terakhir.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, Pemerintah provinsi ibu kota akan mulai menerapkan WFH kepada 50-60% pegawai negeri sipil atau PNS. Dia mengklaim, peningkatan WFH akan mengurangi jumlah kendaraan yang bermobilisasi di area Jakarta. 

"Kementerian lain juga bisa melakukan WFH," kata Heru Budi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Senin (14/8/2023). "Dalam dua pekan kami akan laporkan ke presiden (Joko Widodo atau Jokowi)."

Menurut dia, pemerintah juga akan menerapkan sejumlah kebijakan lain untuk menekan jumlah penggunaan kendaraan bermotor pribadi di wilayah Jakarta. Salah satunya, pemerintah akan mewajibkan kendaraan dengan kapasitas silinder tinggi yaitu di atas 2.400 cc untuk menggunakan bahan bakar RON 98 atau Pertamax Turbo.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan menagih para pengola gedung-gedung pencakar langit soal kewajiban penerapan bangunan berkonsep hijau atau green building.