Logo Bloomberg Technoz

Bankir Sebut Singapura Punya Cadev Besar tapi Kurang Maksimal

News
14 August 2023 20:00

Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg
Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg

Low De Wei - Bloomberg News

Bloomberg, Singapura perlu mencari cara untuk menggunakan cadangan kekayaannya yang cukup besar, dan meningkatkan status kekayaan dengan berinvestasi lebih banyak. Hal itu disampaikan oleh Piyush Gupta, kepala eksekutif bank terbesar di negara itu.

"Kita masih tidak tahu kalau negara kita adalah negara kaya," kata Gupta, CEO DBS Group Holdings Ltd., dalam konferensi berjudul Reinventing Destiny pada Senin (14/8/2023). "Kita punya sumber daya modal, bagaimana kita memanfaatkannya untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif?"

Singapura selama bertahun-tahun telah mengumpulkan sejumlah besar cadangan kekayaan yang dirahasiakan, yang menurut Gupta diperkirakan mencapai lebih dari US$1 triliun. Namun, pihak berwenang sebagian besar menolak seruan untuk menyebarkan kekayaan itu, terutama terkait pembiayaan kesejahteraan.

Gupta mengatakan, pemerintah harus mempertimbangkan apakah akan menggunakannya untuk "menangani masyarakat kelas bawah" atau yang lebih penting, demi meningkatkan kehadiran Singapura di sektor-sektor dan industri baru.