Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir Desak Divestasi Saham Vale Segera Rampung

Sultan Ibnu Affan
14 August 2023 11:20

Ketum PSSI Erick Thohir Saat Penutupan Perdagangan BEI, Senin (7/8/2023) (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Ketum PSSI Erick Thohir Saat Penutupan Perdagangan BEI, Senin (7/8/2023) (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendesak proses divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) dan holding BUMN pertambangan PT Mining Industry Indonesia (Persero) atau MIND ID dapat rampung sesegera mungkin.

"Kita harapkan bisa rampung sesegera mungkin. Angkanya berapa? Ya kita ikut saja," ujar Erick di sela acara Forum Sinergi BUMN-Swasta di Jakarta, Senin (14/8/2023).

Meski demikian, dia juga menyebut jika pemerintah tak bisa banyak melakukan intervensi dalam proses divestasi saham Vale. Erick mengatakan pihaknya hanya memastikan bahwa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) benar-benar mengedepankan kepentingan nasional.

Ia mengatakan proses relinquish (melepas porsi saham) Vale Indonesia oleh Holding BUMN Industri Pertambangan Mind ID harus terjadi.

"Nah tentu mohon maaf bukan saya anti dengan investasi asing, ini kan investasi, relinquish, kita harus ada transparansi kebijakan. Alhamdulillah pak Menteri ESDM sangat mendukung, dan tentu kembali, kebijakan [Soal kepastian divestasi] gimana? Kita tunggu saja,"