Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham China Lesu Usai Pemulihan yang Makin Suram

News
14 August 2023 08:35

Deflasi China (Photographer: Qilai Shen Bloomberg)
Deflasi China (Photographer: Qilai Shen Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Indeks saham China menghentikan kenaikan yang didorong oleh pertemuan para petinggi pemerintahan pada akhir Juli, saat negara sedang berjuang untuk meraih momentum pemulihan ekonomi. Sementara optimisme terkait stimulus telah berkurang.

Indeks CSI 300 turun 3,4% pekan lalu, hampir menghentikan semua kenaikan yang dibuat sejak pertemuan Politbiro pada 24 Juli. Saham China yang terdaftar di Hong Kong telah turun 5,2% bulan ini, sementara Indeks MSCI Asia Pacific telah tergelincir 4,2%.

Grafik indeks CSI. (Sumber: Bloomberg)

Reli yang terjadi usai pertemuan Politbiro berbalik arah karena meningkatnya sinyal-sinyal pemulihan ekonomi yang kehilangan daya tarik. Selain itu, muncul kekhawatiran langkah Beijing untuk melawan pelambatan pertumbuhan ekonomi kurang kuat. Investor juga melihat prospek perekonomian negara yang memburuk karena sektor properti yang bermasalah, penurunan ekspor, deflasi IHK (Indeks Harga Konsumen) dan IHP (Indeks Harga Produsen), juga tren penurunan jumlah pinjaman bulanan ke level terendah dalam satu dekade.

"Pembiayaan agregat yang jauh lebih rendah dari perkiraan mungkin menunjukkan kondisi pinjaman yang ketat atau kurangnya permintaan, yang keduanya tidak menjadi pertanda baik bagi pertumbuhan ekonomi," kata Marvin Chen, ahli strategi ekuitas di Bloomberg Intelligence di Hong Kong.