Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Rusia Lampaui Batas G-7, Pendapatan Ekspor Tertinggi

News
12 August 2023 16:00

Ilustrasi kilang penyimpanan minyak dunia. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi kilang penyimpanan minyak dunia. (Dok Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Harga minyak mentah Rusia menembus batas yang telah ditetapkan oleh negara-negara anggota G-7. Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA) mengatakan pendapatan dari ekspor minyak Rusia melonjak ke level tertinggi dalam delapan bulan.

Dalam laporan bulanan IEA terbaru, harga pengiriman minyak mentah lintas laut Rusia melonjak hingga US$64,41 per barel. Harga tersebut "menghancurkan" batas harga yang ditetapkan tahun lalu oleh G-7 sebesar US$60.

Aliansi tersebut sepakat menetapkan harga untuk membatasi aliran petrodolar ke Moskow di tengah perang di Ukraina, juga menjaga aliran minyak Rusia ke pasar global. Karena Rusia merupakan salah satu produsen top dunia, pembatasan yang terlalu ketat berisiko menyebabkan lonjakan harga yang lebih luas.

Sementara upaya yang dipimpin oleh AS ini telah menghindari ancaman lonjakan yang tak disengaja, lonjakan pendapatan ekspor minyak hingga mencapai level tertinggi dalam delapan bulan memperlihatkan kesuksesan Rusia dan sekutunya dalam merestrukturisasi pasar untuk secara sebagian menghindari batasan itu dan menaikkan harga minyak yang diangkut di luar program pembatasan.

Harga minyak rusia menembus batas yang ditetapkan G-7. (Sumber: Bloomberg)