Logo Bloomberg Technoz

Taksi Tanpa Supir Milik Google & GM Semakin Meluas di AS

News
11 August 2023 16:50

Layanan taxi otonom atau taxi tanpa supir (Robotaxis) milik Waymo. (Dok: Bloomberg)
Layanan taxi otonom atau taxi tanpa supir (Robotaxis) milik Waymo. (Dok: Bloomberg)

Eari Nakano dan Ed Ludlow - Bloomberg News

Bloomberg, Regulator California memberikan mendukung kepada operator robotaxi jasa antar tanpa supir, untuk memperluas layanan mereka di kota. Hal yang menjadi sejarah dalam rangka komersialisasi teknologi layanan bebas pengemudi.

Komisi Utilitas Publik (Public Utilities Commission/PUC) negara bagian tersebut menghasilkan voting tiga berbanding satu, yang kemudian mengizinkan Cruise LLC milik General Motors Co dan Waymo milik Alphabet Inc., untuk memperluas area operasi mobil tanpa supir. Terdapat pula dukungan pengenaan tarif kepada pengguna.

Dalam pertemuan hari Kamis (10/8/2023) waktu setempat di San Francisco, PUC menggali kesaksian publik yang mendukung hadirnya layanan ini, bahkan penentang kebijakan perluasan area dari Waymo dan Cruise.

Robotaxis jadi pemandangan yang semakin lazim di jalan-jalan kota California Utara. Waymo diketahui mengoperasikan 200 armada Robotaxis. Pelayanan kini masih terbatas pada area yang berhak dilalui, dan perusahaan tidak boleh menarik biaya dari pengguna.