Logo Bloomberg Technoz

"Jawabannya harus TIDAK!" kata Boebert di X, platform media sosial yang dulu bernama Twitter. "Kita sudah berbuat lebih dari cukup dan tidak satupun dari uang ini yang diaudit."

Kevin McCarthy dan Joe Biden pada 22 Mei 2023. (Sumber: Yuri Gripas/Abaca/Bloomberg)

Bantuan pertahanan ini dirancang untuk bisa dipakai hingga akhir kuartal pertama tahun depan, menurut pejabat senior yang memberi pengarahan kepada wartawan tentang rencana ini.

Kegagalan menyetujui pendanaan untuk Ukraina akan menjadi momen penting bagi AS setelah hampir 18 bulan perang dimulai. Kongres telah menyetujui paket bantuan untuk Ukraina dalam tiga kesempatan berbeda, terakhir pada Desember, tanpa banyak kontroversi.

Pemimpin Partai Republik di Senat tampak lebih terbuka terhadap permintaan tersebut.

"Saya berharap dapat meninjau permintaan pemerintah dengan teliti untuk memastikan apakah itu diperlukan dan sesuai untuk menjaga keamanan Amerika, mengamankan perbatasan kita, mendukung sekutu kita, dan membantu komunitas membangun kembali setelah bencana," kata Pemimpin Minoritas Mitch McConnell, Kamis.

Dukungan bipartisan untuk bantuan Ukraina tetap stabil di Senat AS, tetapi pendanaan ini menjadi kontroversi di DPR, di mana McCarthy telah berjanji untuk tidak membahas paket bantuan ini jika mengabaikan batas belanja pertahanan yang ditetapkan dalam kesepakatan batas utang pada Mei lalu

Pada Desember, Kongres menyetujui pendanaan tambahan sebesar US$45 miliar untuk mendukung upaya perang Ukraina yang dimaksudkan untuk bertahan hingga akhir tahun fiskal bulan depan.

Sebelumnya, DPR AS menyetujui US$40 miliar pada Mei 2022 dan US$13,6 miliar pada Maret 2022, total bantuan dana untuk Ukraina sebesar US$98,6 miliar sejauh ini.

(bbn)

No more pages