Logo Bloomberg Technoz

NZSIS mengatakan bahwa posisi geografis Selandia Baru di Indo-Pasifik dan hubungannya dengan negara-negara Pasifik lainnya akan menarik perhatian badan intelijen asing yang ingin memberi tahu pemerintah mereka tentang kebijakan dan strategi pemerintah Selandia Baru di kawasan ini.

NZSIS menambahkan hanya beberapa negara yang melakukan kegiatan spionase atau campur tangan terhadap Selandia Baru, tetapi “beberapa negara melakukannya secara terus-menerus dan berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada struktur pemerintahan, demokrasi, dan kohesi sosial kami."

"Secara khusus, negara-negara yang terlibat dalam campur tangan asing biasanya bersifat otokratis, represif, atau sangat nasionalis," katanya.

Perairan selatan pasifik. (Mercury Bloomberg)

Badan ini juga menyebut Iran dan Rusia sebagai negara yang melakukan campur tangan asing.

Dikatakan bahwa Iran melakukan "campur tangan sosial," termasuk memantau dan memberikan laporan tentang komunitas dan kelompok pembangkang Iran.

Laporan itu tidak terlalu spesifik mengenai Rusia, namun mencatat bahwa "kampanye disinformasi internasional Moskow" telah "berdampak pada pandangan beberapa warga Selandia Baru."

(bbn)

No more pages