Logo Bloomberg Technoz

Intelijen Selandia Baru Tuding China Lakukan Campur Tangan Asing

News
11 August 2023 14:20

Ilustrasi pengadilan China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pengadilan China (Sumber: Bloomberg)

Matthew Brockett - Bloomberg News

Bloomberg, Badan intelijen Selandia Baru (NZSIS) mengatakan bahwa China melakukan campur tangan asing di negara Pasifik Selatan itu. Hal ini diungkapkan dalam sebuah laporan tentang ancaman keamanan negara itu untuk pertama kalinya pada Jumat (11/8/2023) di Wellington.

Lembaga ini menyebutkan campur tangan asing itu bisa menyebabkan kerusakan signifikan. Hal yang paling menonjol adalah penargetan terhadap komunitas etnis Tionghoa di Selandia Baru oleh kelompok dan individu yang terkait dengan China, demikian isi laporan tersebut.

"NZSIS menyadari adanya aktivitas yang sedang berlangsung di dan terhadap Selandia Baru dan wilayah asal kami yang terkait dengan badan intelijen China,” tulis laporan itu. "Ini merupakan masalah intelijen yang kompleks bagi Selandia Baru."

Ilustrasi Bendera Selandia Baru (Sumber: Brendon O'Hagan/Bloomberg)

Selandia Baru berhati-hati untuk tidak menyinggung perasaan China, mitra dagang terbesarnya, tetapi juga mengkhawatirkan ambisi Beijing di Pasifik. Pemerintah Selandia Baru minggu lalu mengumumkan bahwa mereka akan berinvestasi pada kekuatan pertahanan dan melindungi kepentingannya di Pasifik karena China mencoba meningkatkan pengaruhnya di wilayah tersebut.