Logo Bloomberg Technoz

Kekeringan di Papua, Pemerintah Bangun 2 Gudang Stok Pangan

Elisa Valenta
11 August 2023 09:20

Menko PMK Muhadjir Effendi dan Kepala BNPB Letjen Suharyanto mengirimkan bantuan bencana kelaparan di tiga distrik Papua. (Dok. BNPB)
Menko PMK Muhadjir Effendi dan Kepala BNPB Letjen Suharyanto mengirimkan bantuan bencana kelaparan di tiga distrik Papua. (Dok. BNPB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah memutuskan akan membangun gudang stok pangan guna mengatasi wabah kekeringan di Papua. Dua gudang tersebut akan dibangun di Distrik Agandugume dan Distrik Sinak.

Keputusan tersebut diambil setelah Presiden Joko Widodo menggelar rapat dengan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis (10/8) yang membahas penanganan wabah kekeringan yang terjadi di Provinsi Papua Tengah.

"Tadi sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden, ada beberapa langkah yang akan ditindaklanjuti untuk jangka pendek itu akan membangun gudang stok pangan di dua tempat, yaitu di Agandugume dan di Sinak," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dilansir dari laman Setkab, Jumat (11/8).

Diketahui, bencana kelaparan di Papua Tengah disebabkan oleh kemarau panjang yang dibarengi dengan cuaca dingin ekstrem hingga membuat daerah tersebut mengalami kekeringan.

Selain itu, untuk penanganan jangka menengah, Muhadjir menyebut bahwa pemerintah akan memperpanjang landasan pacu (runway) Bandara Sinak, Kabupaten Puncak. Langkah tersebut diambil pemerintah agar pesawat-pesawat berbadan besar dapat mendarat di Bandara Sinak.