Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Konfirmasi Operasi LRT dan KCJB Ngaret dari Target

Krizia Putri Kinanti
10 August 2023 17:00

LRT Jabodebek (Bloomberg Technoz)
LRT Jabodebek (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Presiden Joko Widodo memastikan bahwa Light Rail Transit Jakarta—Bogor—Depok—Bekasi (LRT Jabodebek) siap dioperasikan pada akhir bulan ini, tepatnya pada 26 Agustus atau mundur dari target awal pada 18 Agustus.

“Kemarin kan ada perlu penyesuaian di sistem. Saya lihat sekarang ini, tadi saya cek di beberapa stasiun, sudah pas. Ini, cek sekali lagi, bagus, akhir bulan, insyaallah sudah dioperasikan,” ujarnya selepas melakukan peninjauan LRT di Stasiun Dukuh Atas, Kamis (10/8/2023), dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga mengonfirmasi Kereta Cepat Jakarta—Bandung bakal soft launching pada September, yang artinya juga mundur dari target semula pada 18 Agustus.

Bagaimanapun, dia tidak menjabarkan alasan di balik tertundanya peluncuran kereta cepat. Dia hanya mengatakan bahwa kereta cepat tersebut bisa menekan kerugian per tahun karena kemacetan di Jabodetabek.

Presiden Jokowi meninjau uji coba lintas rel terpadu (LRT). (Dok: Bloomberg)

“Jadi, perpindahan dari moda transportasi, dari mobil pribadi ke moda transportasi massal, itu yang kita harapkan. Karena kerugian kita per tahun itu hampir Rp100 triliun karena kemacetan di Jabodetabek dan Bandung. Setiap tahun merugikan hampir Rp100 triliun, dan ini memang harus diatasi karena secara makro ekonomi merugikan negara besar sekali,” katanya.