Logo Bloomberg Technoz

Trade Expo Indonesia di Amman Sasar Pengusaha Yordania-Palestina

Sultan Ibnu Affan
10 August 2023 14:25

Sosialisasi Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 dan Halal Expo (Dok KBRI Amman)
Sosialisasi Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 dan Halal Expo (Dok KBRI Amman)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sosialisasi Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 dan Halal Expo Indonesia digelar di Amman, Yordania. Acara ini dihadiri oleh para tokoh dan pelaku bisnis dari Indonesia, Yordania, dan Palestina (9/8/2023).

Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania dan Negara Palestina Ade Padmo Sarwono mengatakan, kerja sama ekonomi yang semakin baik antara Indonesia, Yordania, dan Palestina. Terbukti, dalam dua tahun terakhir, perdagangan antara Indonesia dan Yordania mengalami peningkatan dari US$529 juta pada 2021 menjadi US$983,5 juta pada 2022. Sementara itu, bisnis Indonesia dengan Palestina juga tumbuh positif dari US$1,5 juta pada 2021 menjadi US$2,1 juta pada 2022. Dubes juga menyoroti potensi yang masih besar untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi, yang pada akhirnya akan memperdalam hubungan bilateral Indonesia-Yordania dan Palestina.

Oleh karena itu ajang TEI akan menjadi pertemuan bagi para importir, eksportir, dan distributor produk Indonesia yang berbasis di Yordania dan Palestina. Sosialisasi sendiri dihadiri oleh 45 peserta yang merupakan tokoh bisnis antara lain Presiden Asosiasi Bisnis Indonesia-Yordania Suhail Saidi; Ketua Komisaris Jordan Phosphate Mines Company (JPMC) Mohammad Thneibat; Konsul Kehormatan Indonesia untuk Palestina Maha Abu Shusheh; Ketua Federasi Kamar Dagang, Industri, dan Pertanian (FKDIP) Abdoo Idris serta 4 anggota FKDIP dari Palestina.

Suhail Saidi dalam acara tersebut membagikan kisah sukses kerja sama dengan mitra bisnis Indonesia dalam bidang furnitur sejak tahun 1977. Ia juga menggarisbawahi potensi produk-produk Indonesia, seperti produk pertanian (kopi dan kelapa sawit), makanan olahan, dan produk makanan laut. Suhail Saidi menegaskan peluang pasar Indonesia yang telah terintegrasi dengan kawasan ASEAN dan mampu mencapai 600 juta orang.

Para peserta di acara menyatakan akan menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 dan Halal Expo baik untuk mencari produk baru maupun berkontribusi untuk produk-produk yang telah mereka beli sebelumnya. Para pengusaha Palestina juga menunjukkan ketertarikan khusus terhadap Halal Expo Indonesia (HEI), sebagaimana dikutip dari keterangan resmi KBRI Amman, Kamis (10/8/2023).