Logo Bloomberg Technoz

Warga DKI Bisa Cetak KK dan KIA di Stasiun MRT Blok A

Dovana Hasiana
10 August 2023 13:15

Suasana penumpang MRT di Jakarta, Senin (12/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penumpang MRT di Jakarta, Senin (12/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Masyarakat Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta makin dipermudah dalam mencetak dokumen pribadi seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Pencetakan kedua dokumen tersebut kini bisa dilakukan melalui Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) berupa vending machine di Stasiun MRT Blok A.

Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta, Farchad Mahfud menjelaskan, ketersediaan ADM untuk mencetak berbagai dokumen pribadi bertujuan untuk membantu dan meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan membantu persoalan kota dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan.

“Kita ingin MRT tidak hanya untuk komersial, tetapi juga untuk mendukung pelayanan publik. Jadi bukan hanya menyediakan gerai untuk makanan dan minuman tapi juga bisa meningkatkan pelayanan publik,” ujar Farchad kepada wartawan di Stasiun MRT Blok A, Kamis (10/8/2023).

Salah satu operator bernama Farhan dari Kelurahan Pulo yang berjaga di lokasi tersebut menjelaskan, masyarakat DKI Jakarta bisa menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang diurus melalui Kelurahan setempat untuk bisa mencetak dokumen melalui AMD.

Ketika telah memiliki IKD, masyarakat bisa mengakses aplikasi IKD untuk mendapatkan barcode dan mencetak dokumen yang diperlukan. Barcode tersebut pun akan dipindai oleh AMD atau vending machine yang tersedia di Stasiun MRT Blok A. Nantinya, mesin itu secara otomatis akan mencetak dokumen yang diperlukan secara gratis.