Logo Bloomberg Technoz

Aksi jual pemodal asing di pasar surat utang negara terlihat lebih kuat pekan ini dengan nilai outflow sebesar US$96,5 juta dalam dua hari pertama.

Arus keluar modal asing terbesar justru terjadi ketika lelang SUN berlangsung pada Selasa lalu, dengan nilai outflow mencapai Rp1,41 triliun. Posisi kepemilikan asing di SBN terakhir sebesar Rp854,33 triliun per 8 Agustus 2023.

Langkah pemerintah memangkas target penyerapan dari Rp14 triliun menjadi Rp9,85 triliun yang diduga ditujukan untuk menjaga yield SUN 10 tahun tetapa di 6,3%, mendapat respon negatif dari investor asing.

"Investor berharap koreksi yield INDOGB 10 tahun bisa ke batas bawah JIBOR 1 bulan di angka 6,4%. Maka itu, kami perkirakan tekanan jual dari pihak asing akan terus terjadi selama yield 10 tahun masih di bawah 6,4%," komentar Lionel Prayadi, Macro Strategist Samuel Sekuritas dalam catatan, Kamis (10/8/2023).

Pelaku pasar modal di seluruh dunia hari ini menanti rilis data inflasi Amerika yang akan dipublikasikan Kamis malam waktu Indonesia.

Data inflasi Negeri Paman Sam akan memberikan konfirmasi lebih jelas terkait arah kebijakan bunga acuan Federal Reserve apakah pengetatan moneter akan terus dilanjutkan di sisa tahun ini atau bertahan di posisi sekarang dalam jangka waktu lama.

Konsensus analis yang dikompilasi oleh Bloomberg memperkirakan inflasi consumer price index (CPI) Amerika pada Juli akan sebesar 3,3% year-on-year, naik dari Juni di angka 3%. Sedangkan inflasi inti diperkirakan sebesar 4,7%, menurun dari Juni di angka 4,8%.

(rui)

No more pages