Logo Bloomberg Technoz

Emiten Milik Aguan, PIK 2 (PANI) Akan Rights Issue 8 Miliar Saham

Dityasa Hanin Forddanta
10 August 2023 09:30

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI), emiten properti entitas Agung Sedayu Group milik Sugianto Kusuma (Aguan), berencana menggelar rights issue bertajuk penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) II.

Berdasarkan prospektus, Kamus (10/8/2023), perusahaan akan menerbitkan 8 miliar saham baru dengan nominal Rp100/saham. Harga pelaksanaan rights issue akan ditentukan kemudian.

Sedikit gambaran, harga saham PANI saat ini ada di level Rp1.780/saham. Diasumsikan perusahaan menggunakan harga pelaksanaan di level ini, maka rights issue memiliki nilai hingga Rp14 triliun.

PANI akan menyerap dana hasil rights issue untuk melakukan penyertaan atas saham baru yang akan dikeluarkan 7 perusahaan terafiliasi. Ketujuh perusahaan itu adalah, PT Bumindo Mekar Wibawa, PT Cahaya Inti Sentosa, PT Jaya Indah Sentosa, PT Kemilau Karya Utama, PT Karunia Utama Selaras, PT Sumber Cipta Utama, dan PT Sharindo Matratama. 

Informasi final sehubungan dengan penggunaan dana akan diungkapkan dalam prospektus yang diterbitkan dalam rangka PMHMETD II. Informasi ini akan disediakan kepada pemegang saham pada waktunya, sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.