Logo Bloomberg Technoz

Pheu Thai Bujuk Move Forward Dukung Upaya Bentuk Pemerintahan

News
09 August 2023 22:00

Partai Pheu Thai (Sumber: Bloomberg)
Partai Pheu Thai (Sumber: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg,  Partai Pheu Thai, partai yang didukung oleh mantan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra, melakukan pembicaraan dengan kelompok terbesar di parlemen untuk mencari dukungan bagi calon PM yang diusungnya.

Putri Thaksin, Paetongtarn Shinawatra dan pemimpin partai Cholnan Srikaew, bertemu dengan para pemimpin Move Forward pada Rabu (9/8/2023) untuk membujuk mereka agar mau mendukung calon PM yang diusung, Srettha Thavisin. Akan tetapi, tidak ada jaminan tegas dari Move Forward, yang sebelumnya memimpin koalisi prodemokrasi yang dibubarkan setelah Pheu Thai mundur dan membangun koalisi sendiri.

"Kami berbicara tentang situasi yang kami hadapi untuk membangun pengertian antara satu sama lain," kata Paetongtarn kepada wartawan setelah pertemuan tersebut. "Kami tidak sedang dalam konflik. Kedua pihak sudah dewasa dan sama-sama ingin negara ini maju."

Pemimpin Partai Move Forward Pita Limjaroenrat, yang pencalonannya sebagai PM digagalkan dua kali oleh senator prokerajaan, mengatakan partainya masih belum memutuskan strategi pemungutan suara.