Logo Bloomberg Technoz

Cacar Monyet Makin Mengamuk di China

News
09 August 2023 21:40

Ilustrasi cacar monyet (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi cacar monyet (Sumber: Bloomberg)

Evelyn Yu dan Foster Wong - Bloomberg News

Bloomberg, Kasus mpox atau cacar monyet yang dikonfirmasi di China naik hampir lima kali lipat pada Juli, mencapai level tertinggi. Upaya pemerintah untuk menahan penyakit menular itu pun makin meningkat.

Menurut pernyataan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China atau Chinese Center for Disease Control and Prevention (CDC), jumlah kasus pada bulan lalu meningkat menjadi 491, dibandingkan dengan Juni yang mencatatkan 106 kasus. Pasien-pasien laki-laki, sebanyak 96%, melakukan aktivitas seksual dengan laki-laki lain. Sampai saat ini, tidak ada kasus parah atau kematian yang dilaporkan akibat cacar monyet. 

Meskipun cacar monyet tidak lagi menjadi darurat kesehatan global setelah WHO menurunkan tingkat kewaspadaan pada Mei, mereka memperingatkan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk memberantas virus yang bisa menjadi mematikan itu.

CDC pada akhir Juli meminta cabang lokal untuk memobilisasi sukarelawan dan organisasi sosial untuk menjangkau "kelompok prioritas", termasuk pria yang berhubungan seksual dengan sesama jenis, dan memberi peringatan akan cacar monyet juga meningkatkan akses ke tes dan pengobatan.