Logo Bloomberg Technoz

Taipan India Dapat Untung dari Memberi Pinjaman ke Orang Miskin

News
09 August 2023 20:20

Pendiri Shriram Group, R Thyagarajan. (Prashanth Vishwanathan/Bloomberg)
Pendiri Shriram Group, R Thyagarajan. (Prashanth Vishwanathan/Bloomberg)

Anto Antony - Bloomberg News

Bloomberg, R Thyagarajan memberikan pinjaman bagi para peminjam berpenghasilan rendah yang ditolak oleh bank. Dia membayar staf di bawah gaji UMR, dan masih merasa mereka mendapat gaji terlalu banyak. Dia memberikan hampir semua kekayaannya kepada segelintir karyawan, dan puas tinggal di rumah kecil dan  memiliki mobil seharga US$5000 atau setara Rp75,8 juta.

R Thyagarajan bisa dibilang merupakan salah satu pemodal paling istimewa di dunia, karena bisnisnya yang bernilai miliaran dolar, Shriram Group, telah berkembang pesat dalam industri yang menjegal banyak orang lain di seluruh dunia. 

Thyagarajan adalah pelopor dalam memberikan kredit kepada orang miskin di India yang ingin membeli truk, traktor, dan kendaraan lain. Dia membangun Shriram menjadi sebuah konglomerat yang mempekerjakan 108.000 orang dalam segala hal, mulai dari asuransi hingga pialang saham. Saham perusahaan mencapai rekor pada Juli setelah melonjak lebih dari 35% tahun ini, empat kali lebih banyak dari indeks saham acuan India.

Thyagarajan, yang kini berusia 86 tahun dan berperan sebagai penasihat, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News bahwa dia memasuki industri ini untuk membuktikan bahwa meminjamkan uang kepada orang-orang tanpa riwayat kredit atau pendapatan reguler tidak berisiko seperti yang dikhawatirkan selama ini. Dia menegaskan tidak ada yang aneh tentang pendekatannya terhadap bisnis, atau keputusannya untuk memberikan saham Shriram yang sekarang bernilai lebih dari US$750 juta atau setara Rp11,3 triliun.