Logo Bloomberg Technoz

"Angin yang sangat kuat dan hujan lebat diperkirakan akan terjadi di seluruh bagian negara," kata Park Jung Min, seorang peramal cuaca di pemerintahan kepada wartawan. "Kami ingin menekankan perlunya persiapan menyeluruh dan pencegahan menjelang topan."

Unit Toyota Motor Corp. di Kyushu menghentikan produksi pada Rabu di pabrik Miyata yang terletak di prefektur Fukuoka bagian selatan Jepang. Sementara Nissan Motor Corp. mengatakan dua operasi di Kyushu dihentikan sementara.

Pembuat baja Posco Holdings Inc. dan utilitas milik negara Korea Electric Power Corp. merupakan beberapa perusahana besar di Korea Selatan yang telah mengambil tindakan pencegahan sebelum badai tiba.

Sebelumnya, Topan Khanun menyebabkan pemadam listrik di prefektur Okinawa selatan Jepang dan menutup pasar keuangan hingga sekolah di Taipei pekan lalu.

Menurut layanan pelacakan FlightAware.com, sekitar 300 penerbangan telah dibatalkan di bandara utama di Korea Selatan pada Rabu pukul 4 sore waktu setempat. Pemerintah Metropolitan Seoul mengatakan angkutan umum kemungkinan akan ditangguhkan jika terjadi hujan dan angin kencang akibat badai.

Ilustrasi Bendera Korea Selatan (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)

Rapat Darurat

Presiden Yoon Suk Yeol mengatakan dalam pertemuan darurat pada Selasa (8/8/2023) bahwa pemerintah harus melakukan upaya sekeras mungkin untuk meminimalkan potensi korban. Diberitakan oleh Yonhap, mengutip salah satu pejabat, kantor kepresidenan akan menjalankan tugas darurat selama 24 jam mulai Rabu. 

Korea Selatan sedang bersiap menghadapi Khanun kurang dari setahun setelah Topan Super Hinnamnor menewakan lebih dari 10 orang, dan berdampak pada pasokan listrik dan industri besar.

Berdasarkan situs web Posco pada Rabu, pemerintah daerah Pulau Jeju dan kota selatan Pohang, tempat pabrik baja utama itu bermarkas, memerintahkan warga yang tinggal di daerah pesisir untuk mengungsi.

Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korea Selatan telah mengimbau perusahaan-perusahaan swasta dan lembaga negara untuk menyesuaikan jam perjalanan saat topan melewati pedalaman negara pada Kamis dan Jumat.

Japan Airlines Co. membatalkan lebih dari 252 penerbangan pada Rabu, sementara All Nippon Airways Co. telah menghentikan hampir 170 layanan pada 9-10 Agustus.

- Dengan asistensi dari Shoko Oda, Jon Herskovitz dan Supriya Singh.

(bbn)

No more pages