Logo Bloomberg Technoz

Israel Segera Kirim Bantuan untuk Gempa Bumi di Turki

News
06 February 2023 15:46

Tangkapan layar kondisi gempa Turki. (Source: IHA via Bloomberg)
Tangkapan layar kondisi gempa Turki. (Source: IHA via Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen memerintahkan jajarannya untuk segera memberikan bantuan kepada Turki menyusul gempa bumi yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia baik di Turki maupun Suriah. Ratusan orang pun dilaporkan masih terjebak di reruntuhan bangunan.

“Saya ingin menyatakan kesedihan yang mendalam kepada rakyat Turki atas gempa bumi dahsyat yang mengguncang wilayah selatan. Hati kami bersama para korban dan yang luka-luka semoga lekas pulih,” kata Cohen, sebagaimana diwartakan Bloomberg News.

Gempa bumi mengguncang wilayah Turki bagian selatan dan 42 daerah di Suriah pada Senin (6/2/2023). Gempa bumi awal terjadi dalam skala 7,4 magnitudo dan terjadi sebelum malam hari. Regu penyelamat mencoba menolong orang-orang di gedung apartemen di sejumlah provinsi Turki yang berbatasan dengan Suriah, sebut keterangan pemerintah Turki.

Sejumlah gedung runtuh dan beberapa jalan tol pun rusak. Gempa bumi dirasakan hingga di Suriah, Lebanon, Siprus, Irak, Mesir, dan Israel.

Tangkapan layar kondisi gempa Turki. (Source: IHA via Bloomberg)

Korban jiwa berada di enam provinsi Turki, termasuk Sanliurfa, Osmaniye, Diyabarkir, dan Malatya. Selain korban jiwa terdapat pula ratusan yang luka-luka.