Logo Bloomberg Technoz

Pheu Thai Galang Dukungan Partai Kecil Thailand Incar Kursi PM

News
09 August 2023 13:40

Pedemo melakukan aksi unjuk rasa untuk mendukung partai Move Forward Pita di Bangkok, Thailand, Minggu (23/7/2023). (Andre Malerba/Bloomberg)
Pedemo melakukan aksi unjuk rasa untuk mendukung partai Move Forward Pita di Bangkok, Thailand, Minggu (23/7/2023). (Andre Malerba/Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Partai Pheu Thai, partai yang didukung oleh keluarga mantan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra, akan memperkenalkan lebih banyak anggota koalisi untuk membentuk pemerintahan baru dan mengakhiri kebuntuan politik setelah pemilu Mei lalu.

Berdasarkan pernyataan partai pada Rabu (9/8/2023) Pheu Thai akan mengadakan pengarahan siang terkait kemajuan inisiatif pembentukan pemerintah, bersama perwakilan dari lima partai kecil. Partai-partai itu nantinya akan memiliki 14 anggota parlemen di DPR.

Dengan penambahan partai-partai kecil, dukungan aliansi di DPR yang beranggotakan 500 orang akan meningkat menjadi 226. Awal pekan ini, Pheu Thai telah mengumumkan koalisinya dengan Partai Bhumjaithai yang konservatif, yang menempati posisi ketiga dalam pemilihan 14 Mei lalu.

Sebagian besar anggota baru merupakan partai-partai yang sebelumnya bergabung dalam koalisi partai pro-demokrasi bersama Partai Move Forward.

Jumlah kursi partai-partai di DPR Thailand. (Sumber: Bloomberg)