Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Lemah, China Alami Deflasi

News
09 August 2023 09:40

Ilustrasi konsumen di China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi konsumen di China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Indeks harga konsumen dan produsen di China turun pada bulan Juli dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang menjadi tanda tekanan deflasi sementara di saat pengambil kebijakan terus didorong meningkatkan bantuan moneter dan fiskal.

Biro Statistik Nasional China pada Rabu (09/08/2023) mengumumkan indeks harga konsumen (CPI) turun 0,3% pada bulan lalu dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini menandai penurunan pertama sejak Februari 2021. Para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg sebelumnya memprediksi penurunan sebesar 0,4%.

Sementara indeks harga produsen  turun untuk kesepuluh kalinya secara berturut-turut, dengan kontraksi sebesar 4,4% pada bulan Juli dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sedikit lebih buruk dari yang diperkirakan. Ini merupakan kali pertama harga indeks  konsumen dan produsen sama-sama mengalami kontraksi sejak November 2020

Harga konsumen dan produsen China turun (Sumber: Bloomberg)

China tengah mengalami periode yang jarang terjadi, yaitu penurunan harga akibat  melemahnya permintaan dari sisi konsumen dan dunia usaha setelah ledakan di kuartal pertama pasca berakhirnya kebijakan pembatasan karena pandemi.