Logo Bloomberg Technoz

Para pekerja yang berpartisipasi dalam pemogokan diwakili oleh SEIU Local 271, serikat pekerja sektor publik terbesar di California Selatan dengan lebih dari 95.000 anggota. Para anggota di dalamnya termasuk pekerja sanitasi, mekanik, petugas lalu lintas dan insinyur yang bekerja di berbagai departemen kota. Para pegawai mengatakan gaji mereka tidak sesuai dengan biaya hidup, dan membutuhkan tunjangan yang lebih baik. Mereka juga menuding kota melanggar undang-undang perburuhan dengan memaksakan perubahan kondisi kerja tanpa melakukan tawar-menawar.

Wong mengatakan kesenjangan yang besar antara kaya dan miskin di Los Angeles ditambah dengan biaya hidup yang mahal telah memicu keresahan para tenaga kerja. "Ada yang punya komunitas di Bel Air, Brentwood, Beverly Hills, Malibu, di mana setiap rumah bernilai jutaan dolar," katanya. "Namun di sisi lain, Anda juga dapat melihat kondisi mengenaskan bagian termiskin di negara berkembang."

Wali Kota Los Angeles Karen Bass mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (5/8/2023) bahwa dia menghormati hak karyawan kota dan hal mereka atas kontrak yang adil. Dia mengatakan, Los Angeles telah "menawar dengan itikad baik dengan SEIU 721 sejak Januari" dan berkomitmen mencapai kesepakatan sesegera mungkin.

"Kota ini akan selalu tersedia untuk membuat kemajuan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu," katanya.

Menurut serikat pekerja, pemogokan tersebut merupakan yang pertama dilakukan setelah lebih dari 40 tahun. Mereka diperkirakan akan melakukan unjuk rasa di depan Terminal Internasional Tom Bradley di Bandara Los Angeles dan Balai Kota pada Selasa pagi waktu setempat sebelum bergabung dengan barisan iket di berbagai lokasi di seluruh kota.

Dae Levine, juru bicara bandara mengatakan bandara akan tetap beroperasi senormal mungkin meskipun tetap meminta para pelancong untuk bersabar. "Kami meminta penumpang untuk memberikan waktu ekstra dalam melakukan perjalanan ke dan dari bandara selama aksi yang direncanakan," katanya.

Titik unjuk rasa lain adalah pelabuhan kembar Los Angeles dan Long Beach yang menjadi pusat peti kemas (container hub) terbesar di AS juga merupakan salah satu mesin ekonomi terpenting di kawasan ini.

Diperkirakan, pemogokan ini mungkin tidak berdampak terlalu besar pada operasi kargo karena sebagian beasr pekerja yang menurunkan kapal kontainer termasuk dalam kelompok berbeda yaitu International Longshore and Warehouse Union (ILWU). Akan tetapi beberapa ratus pegawai pelabuhan yang tergabung dalam SEIU Local 721 dapat bergabung dalam pemogokan. Dockworkers dan ILWU telah mencapai kesepakatan tentatif di 29 pelabuhan Pantai Barat awal tahun ini menyusul kemenangan para staf pendukung di sekolah-sekolah di distrik LA.

"Pelabuhan Los Angeles menghormati hak tawar-menawar yang adil dari semua karyawan," kata juru bicara Philip Sanfield dalam sebuah pernyataan. "Dengan aksi pekerja yang telah diantisipasi, pejabat Port of Los Angeles bekerja sama dengan pelanggan dan pemangku kepentingan akan memastikan bahwa operasi pelabuhan terus berlanjut tanpa gangguan."

(bbn)

No more pages