Logo Bloomberg Technoz

"Kami mendukung upaya ECOWAS di Afrika untuk memulihkan tatanan konstitusional di Niger," kata Blinken dalam wawancara pada Selasa (8/8/2023) dengan Radio France Internationale.

"Gangguan terhadap tatanan konstitusional ini menempatkan kami, dan banyak negara lain, dalam posisi di mana kami harus menghentikan bantuan dan dukungan kami. Hal ini akan merugikan rakyat Niger."

Para pemimpin ECOWAS (Economic Community of West African States) atau Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat dijadwalkan bertemu di ibu kota Nigeria, Abuja, pada Kamis (10/8/2023) untuk membahas junta yang telah gagal menenuhi tenggat waktu untuk menyerahkan kembali kekuasaan kepada Bazoum pada 6 Agustus, atau menghadapi ancaman intervensi militer. Junta Niger pun membatasi akses ke wilayah udara negara itu pada Minggu (6/8/2023), setelah memperingatkan adanya serangan dari "kekuatan asing".

Sebelumnya berdasarkan pernyataan yang dibacakan oleh stasiun TV negara Tele Sahel, pemimpin militer Niger, Abdourahmane Tiani pada Senin menunjuk Ali Lamine Zeine sebagai Perdana Menteri.

(bbn)

No more pages