Logo Bloomberg Technoz

KCIC Kebut Sertifikasi KA Cepat, Klaim Akses Sudah Siap

Wike Dita Herlinda
08 August 2023 15:25

Kereta cepat KCIC, Jakarta-Bandung (KCJB) di depo Tegalluar, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Kereta cepat KCIC, Jakarta-Bandung (KCJB) di depo Tegalluar, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengebut sertifikasi Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) di Kementerian Perhubungan, menjelang uji coba praoperasi fasilitas transportasi tersebut pada awal September.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan perusahaan saat ini tengah melakukan persiapan akhir sebelum masyarakat dapat mencoba kereta cepat relasi Jakarta—Bandung tanpa biaya awal bulan depan.

“Secara paralel KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan. KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (8/8/2023).

Dia mengatakan sejauh ini uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dan diklaim berjalan lancar. KCIC juga terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional dapat berjalan dengan baik nantinya saat dioperasikan.

Menurutnya, pada masa uji coba gratis, KCIC akan memprioritaskan masyarakat di sekitar trase kereta cepat. Namun, masyarakat umum dapat juga mengikuti uji coba gratis dengan melakukan pendaftaran secara mandiri.